Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengdes Posnaker (Pos Tenaga Kerja)

Pengdes-Posnaker merupakan 2 nama berbeda tapi sangat saling berhubungan dan saling berkaitan satu sama lain. Baiklah, mari kita ulas sedikit Pengenalan Tentang PENGDES dan POSNAKER.

Pengdes adalah singkatan dari Pengatur Desa yang di resmikan oleh Gubernur setempat dan berada dibawah peraturan Posnaker.
Sedangkan Posnaker adalah singkatan dari Pos Tenaga Kerja yang bernaung dibawah UUD 1945 dan memiliki visi misi yang sangat luar biasa bagi masyarakat. Seperti apa Visi dan Misi itu, mari kita simak sedikit diantaranya.
Logo Posnaker, Logo Pengdes
VISI DAN MISI

1. Visi :
Mewujudkan tenaga kerja yang profesional, produktif dan berdaya saing tinggi menuju masyarakat sejahtera.

2. Misi :

  • Menciptakan sistem pengelolaan ketenagakerjaan yang terintegrasi.
  • Meningkatkan kualitas angkatan kerja.
  • Meningkatkan perlindungan, pengawasan dan penegakan hukum ketenagakerjaan.
  • Meningkatkan kinerja organisasi dan pengembangan sumber daya manusia.
  • Memberdayakan masyarakat dengan pelatihan dan keterampilan sesuai bakat dan minat.
  • Meningkatkan pembinaan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan.
  • Mengembangkan potensi masyarakat dalam bidang ekonomi kreatif.
Nah bagai mana menurut sahabat semua? bagi saya itu sangat luar biasa karena sifatnya yang sosial kepada seluruh masyarakat tanpa pandang bulu.

Lalu bagaimana cara melaksanakan semua Visi dan Misi Posnaker ini. Disinilah letak pekerjaan yang harus dilakukan oleh para Pengdes di seluruh Provinsi yang ada, yaitu melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap masyarakat, baik itu dari kalangan orang kaya sampai dengan yang paling miskin dengan metode Door to Door, Face to Face dan menanyakan apa keinginan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Kemudian timbul pertanyaan, apakah kebutuhan masyarakat itu akan langsung terpenuhi? Jawabannya tidak, Karena disini tugas dari para Pengdes itu hanyalah mendata dan mengirim data yang sudah terprogram dalam bentuk proposal, tetapi apapun jenis dan bentuk kebutuhan masyarakat tersebut pasti terealisasi namun secara bertahap. Jadi bagaimana bentuk proposalnya? Pada postingan berikutnya, saya akan berusaha membagikan semua jenis proposal program kebutuhan masyarakat yang bisa di download dari blog ini secara gratis.

Baiklah, sekian dulu uraian tentang Pengdes dan Posnaker, semoga segala usaha dan niat baik kita disambut dan di dukung oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Lombok Timur dan lebih khusus lagi Masyarakat yang ada di Desa Batuyang dengan harapan kerjasama yang baik dari masyarakat itu sendiri.